Jumat, 14 Agustus 2020

Cerita Kala Pandemi

        "Bu, ada makanan apa nih? Ada cemilan apa?"
Suara anak-anak yang sore itu pingin kudapan, entah memang mulai lapar atau untuk mengisi waktu. 

      Tau nggak sih, anak-anak ini mulai sibuk cari cemilan setiap waktu, mungkin memang usia-usia ini lagi banyak makan ya..(usia SD).
Dan sebagai ibu yang anak-anaknya nggak sekolah, eh belajar dari rumah, maksudnya, kita para ibu bertambah kesibukan kan??
Terutama dalam mendampingi anak-anak belajar, dan selalu menyiapkan makanan dan camilan.
Pandemi membawa beberapa perubahan ternyata.
Dari pengamatan saya sih, banyak yang berubah, tidak hanya gaya hidup, tapi banyak.
Salah satunya tadi,  tentang sekolah. 

Pixabay
Pixabay

               
                   
        Anak saya masih SD, kebetulan kakak adik di sekolah yang sama. Kakak kelas 6, adiknya kelas 2. 
Sampai Agustus ini, sekolah masih dari rumah aja, melalui WAG, pernah juga menggunakan aplikasi lain, tapi seringnya tugas di kertas.
Jadi setiap Senin, ortu pergi ke sekolah untuk mengambil soal untuk seminggu ke depan, sambil mengumpulkan tugas minggu lalu.
Kalau kakak karena sudah kelas 6, sesekali ke sekolah untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami. Karena walau memang belum ada kegiatan belajar di sekolah, tetapi guru kelas 6 membuka kesempatan siswa untuk masuk kelas dan bertanya. 

Awalnya sih bingung juga pas diberi tugas campuran antara tugas di kertas dan tugas melalui WAG. Apalagi dua anak nih, dua WAG kan. Kadang blank ini tugas kakak atau adik ya..dikumpul kapan, tugasnya apa aja hihi..
Selain tugas tertulis, juga ada tugas yang nantinya dikumpul dalam bentuk video.
Jadi ya..syuting ini itu, ditingkahi si bungsu yang masih batita tapi pingin eksis bareng kakak-kakaknya😁

Kalau yang kelas 2 relatif lebih "santai". 
Jumat saya ke sekolah ambil tugas, sekaligus mengumpulkan tugas minggu lalu.
Nah musti diinget nih, kakak Jumat, adik Senin...jangan ketuker hehe...
Intinya para ortu seminggu dua kali ke sekolah.

Rabu, 13 Mei 2020

Tips Mengatasi Kembung Pada Anak

Halo Moms, ketemu lagi kita.
Kali ini saya pingin ngobrol-ngobrol soal kembung pada anak. Sepertinya memang hampir semua anak pernah mengalami yang namanaya kembung ini ya? Apalagi bayi. Karena memang bayi di bawah 4 bulan lebih sering mengalami perut kembung. Bisa dipahami karena sistem pencernaan mereka masih belum sempurna. Kalau sudah kembung, kita sebagai ibu kan khawatir karena anak jadi rewel, mungkin juga susah tidur dan untuk anak yang lebih besar lagi bahkan jadi malas makan. Nah ini ada tips untuk mengatasi kembung.

Tips mengatasi kembung
1. Untuk anak yang masih bayi, perlu diperhatikan perlekatan saat menyusu. Karena kalau perlekatan saat kita menyusui bayi tidak pas, ini bisa menyebabkan kembung juga karena udara ikut masuk, selain ASI.
2.  Kembung terjadi karena banyak gas di saluran cerna akibat konstipasi.  ini bisa juga diatasi dengan memberi air putih hangat pada anak, tentu saja untuk anak yang sudah makan ya, sudah M-PASI.
3. Lebih memperhatikan makanan anak. Karena ada beberapa makanan yang memang menimbulkan lebih banyak gas di perut, seperti kacang-kacangan, makanan tinggi serat dan juga makanan berlemak.
4. Saat makan, sebaiknya anak duduk manis alias nggak lari sana-sini.
5. Dan biasakan anak untuk makan perlahan.
6. Usap balsam atau minyak telon ke perut anak.

Jumat, 17 April 2020

Asyiknya Blogwalking

      Halo, temans...apa kabar di bulan kesekian Work From Home? Atau jangan-jangan sudah balik ngantor lagi nih? Atau memang sudah selalu bekerja dari rumah?
Apapun, tetep yang namanya jalan-jalan, refreshing itu perlu ya. Tapi....
 Mau jalan-jalan ke mall, ke pantai, ke Bali, ke Singapura dan lainnya...lagi nggak boleh kan karena ada pandemi. Ya paling asyik sih jalan-jalan di dunia maya.
Nggak ada virus di sini, paling ketemu racun kalo pas nyasar ke marketplace. Racun diskonan..hihi.
Tapi saya cukup betah sih jalan-jalan virtual gini, termasuk kalau ketemu artikel menarik dan memang saya butuhkan. Seringkali, saya juga betah saat berkunjung ke blog para blogger, yang memang keren-keren secara visual, dan artikelnya pun oke. Di situlah saya merasa aktivitas blogwalking itu menyenangkan.

Sabtu, 14 Maret 2020

Ayo Mandi Parfum Bareng Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

      Pagi hari, biasanya saya bangun tidur, terus mandi (mirip lagu anak ya? 😊). Ya begitulah, rutinitas. Mandi sebelum beraktivitas, biar seger dan bersih.
Lalu sorenya, mandi lagi. Sama tujuannya, biar seger dan bersih sesudah seharian beraktivitas. Semua orang juga mungkin begitu ya. Mandi pagi. Mandi sore. Yang penting ada air, ada sabun...begitu saja, hanya rutinitas tanpa ada sesuatu yang spesial terkait mandi.
Tapi mulai sekarang, semua berbeda. Mandi menjadi satu aktivitas yang dinanti. Karena sekarang ada yang namanya mandi parfum. Pernah mandi parfum? Tapi bukan parfum yang diguyurin ke badan lho...boros itu mah 😁. Ini beda. Mandi, pakai sabun, yang wanginya...aduhaiiii...wanginya parfum banget, bikin bahagia deh pokoknya kalau habis mandi pakai produk yang satu ini: Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash


Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash
(dok.pri)
 

Minggu, 09 Februari 2020

7 Tips Anti Baper Soal Anak

        Suatu sore, ibu muda berjalan keliling kompleks sambil sibuk menyuapi anak yang digendongnya. Lalu ketemu tetangganya, seorang ibu yang juga sedang menyuapi anaknya.
Ibu muda: "Duuuh, seneng ya bun kalau anak lahap makan gitu. Anakku lagi susah makan nih."

Tetangga: "Iya ya? Kelihatan kecil gitu. Kurus banget sih. Walah kalau anakku tuh apa-apa mau. Sama sayur lodeh aja mau."

Itu kalau si ibu muda lagi sensi, bisa sakit ati lho, body anaknya dikomentarin. Padahal point nya kan, anaknya susah makan. Ya bantu dong, jangan malah dibikin down. Si tetangga kan bisa bilang," Nggak pa-pa ya dek..maem dikit-dikit nggak pa-pa asal sering."  (Sambil kasih perhatian sejenak ke anak si ibu muda).