Bermain di Bumi Merapi

Bumi Merapi.
Sudah lama ingin kesana, tapi ternyata baru Minggu pagi kemarin kesampaian.
Inginnya sih, kalau libur bisa ajak anak-anak ke tempat dimana mereka bisa berinteraksi dengan apa yang ada di tempat tersebut. Jadi nggak cuma tempat main yang kekinian saja, tapi lebih ke tempat dimana mereka bisa bermain dan belajar.
Jam 08.45 WIB, berangkat ke Bumi Merapi, di Jl. Kaliurang km 20, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY.
Anak-anak riang gembira lah ya mau jalan-jalan, apalagi sebelumnya saya sudah kasih gambaran ke mereka seperti apa tempat itu, dan mereka sudah lihat foto-fotonya di internet. Antusias!
Perjalanannya lancar, tapi karena kami belum pernah kesana, ya harus bertanya dulu ke salah seorang petani di sekitar Jakal km 20 itu.
Dan.....sampailah kami di bumi perkemahan Bumi Merapi.
Hari itu di Bumi Merapi ada tenda-tenda di sebelah utara, mungkin ada yang kemping. Dan ramai juga oleh rombongan ibu-ibu yang outbond di sana.






Beli tiketnya 4 tiket ( 2 dewasa dan 2 anak-anak) totalnya Rp.60.000.
Lalu kami mulai masuk ke lokasi,jalan-jalan melihat taman yang asri, dan ditunggui sama Gunung Merapi yang gagah berdiri di sebelah utaranya. Anak-anak langsung lari kegirangan. Yang dituju pertama kali adalah Dunia Kelinci, dimana di situ ada peternakan kelinci, dan juga ada tanah lapang untuk anak-anak bisa mengejar-ngejar kelinci. Sambil membawa tanaman kangkung yang sudah disediakan, anak-anak memberi makan kelinci. Lalu sibuk mengejar kelinci, dan mencoba menggendong kelinci dengan dibantu petugas disitu.Yudha ( 8 th) seneng banget sama kelinci, dielus-elus, dan bisa menggendong kelincinya. Nah kalau Altaf ( 4th, 6 bulan )..agak takut-takut memegangnya, bahkan sempat lari terbirit-birit saat seekor kelinci mengejarnya, padahal kan si kelinci cuma mau kangkung yang dia pegang...hihi. Saya lupa bertanya jenis kelincinya apa, tapi agak besar sih ukurannya. Altaf belum bisa menggendongnya.





Setelah puas bermain dengan kelinci, kami pindah ke tempat kambing. Di sana anak-anak memberi susu ke kambing, dengan menggunakan dot. Tapi, dot nya harus beli Rp.2500. Lucu aja lihat kambing nge-dot^^
Ini dia gambarnya...





Setelah itu, kami pindah lagi ke tempat khusus reptil. Ada Iguana, ular sanca dan lain-lain yang di tempatkan di ruang kaca. Lalu ada kura-kura juga di kolam kecil. Nah..yang menyenangkan anak-anak adalah seekor ular Pyton albino yang bisa dipegang dan diajak berfoto. Benar-benar menyenangkan bagi mereka, tapi kalau saya sih ngeri...pegang aja enggak.





Saking asyiknya nggak terasa waktu mulai siang, dan anak-anak bertanya-tanya dimana bisa naik kuda poni. Ternyata di luar lokasi. Lalu kami kesana, membeli tiket lagi, masing-masing Rp.10.000.
Ini yang paling mereka tunggu sih sedari rumah, ingin naik kuda poni. Asyiknyaaa...keliling desa! Eh ya nggak keliling desa juga sih.., nggak jauh kok muternya, jangan khawatir. Altaf dan Yudha bergantian naiknya. Dan mereka bahagia sekali, senyum terus.




Nah, selesailah sudah main-mainnya hari itu. Kami menukar tiket tadi dengan susu, iya, ternyata tiketnya bisa ditukar susu kambing saat pulang.Seru !! Hal yang biasa mungkin ya, bermain dengan hal-hal tadi, tapi anak-anak suka, apalagi di rumah nggak ada hewan-hewan itu. Di Bumi Merapi fasilitasnya juga oke, selain beberapa tempat untuk bermain sambil belajar tadi, ada juga area outbond, sayangnya lagi diperbaiki kemarin, lalu ada restoran, mushola, dan toilet.
Kadang-kadang sih ya, untuk orang yang sehari-harinya dikepung tembok-tembok dan riwehnya kota, ingin sesekali ke pinggir, ke pedesaan,  mencari udara sejuk, pemandangan hijau dan udara segar

Oh ya, yang tinggal di desa juga harusnya bersyukur, dengan kealamian yang masih terjaga. Dan kalau dikelola, bisa jadi tempat piknik yang menyenangkan.




                                                       *************            





Posting Komentar

0 Komentar