Sabtu, 24 April 2010

☼CINTA SEMUSIM ☼

Wah....dari judulnya udah ketahuan ini gawat! Cinta semusim = cinta satu season....means hanya sebentar. 
Ini curhatan seorang temen...yang sedang studi nun jauh di negeri orang, jauh dari kekasihnya. Komunikasinya dengan si kekasih sudah intens dilakukan...via telfon, chatting, facebook dan semua media, semua cara...Tapi ternyata masih lebih kuat komunikasinya dengan seorang teman pria disana, yang lebih dekat secara nyata.
Ai, begitu aku memanggil sahabatku itu, akhirnya menjalani kedua kisah cintanya, dengan hati kecil yang sebenarnya memberontak. Dia bilang, nanti kalau kembali ke Indonesia dia akan mengenang kisah indahnya disana. Akan menyimpannya rapat sebagai rahasia hatinya sendiri...dan kemudian menjalani kehidupan cintanya disini, bersama kekasihnya disini.
Ai...bukankah berat membagi hati? bukankah tak mudah lepas dari bayang-bayang kenangan yang kau sebut indah itu? Atau semua akan selalu kaubiarkan menyertai kisah-kisahmu dihari-hari nanti??Tanpa satu orangpun yang tau?
Ahhh....aq nggak tau harus bilang apa waktu Ai curhat begitu. 
Tapi, terima kasih Ai...untuk curhatmu...dan cinta semusimmu...semoga tak membebanimu kelak :))

Senin, 12 April 2010

Suriname

Apa hayo yang terbayang ketika ada dengar negara Suriname? Nama-nama bernuansa Jawa..such as..Prawiro, Notojoyo dll? Iya sih , mungkin itu salah satunya, karena Suriname identik dengan adanya populasi orang Jawa. Saya sempet wawancara dengan seorang dari warga negara Suriname, Marciano Dasai, yang sedang studi di UGM, yang juga bisa berbahasa Jawa 'ngoko'. Suriname adalah negara kecil di Amerika Selatan, dengan penduduk sekitar 500.00 orang (hah...dikit banget ya?)
Dan memang ada populasi 18% Jawa disana, yang tinggal di semacam desa-desa. Mereka beraktivitas biasa, bertani, berdagang, bahkan masuk di pemerintahan sebagai Menteri dll. Walau orang Jawanya  hanya sekitar 75 ribu orang...disana ada 3 stasiun TV Jawa. Lagu-lagunya juga beberapa berbahasa jawa, walaupun musiknya beragam, mulai dari campursari, sampai jazz kontemporer dengan lirik bahasa Jawa. Unik juga, coba deh search di You Tube or Google.
Kuliner? Naaah, menarik kalo ngomongin kuliner. Ternyata di Suriname, yang namanya bakmi goreng , nasi goreng tuh populer disana. Ada lagi telo teri, telo tau kan? ..ketela dan teri ya teri, tapi katanya teri di sana guedeee-guedee...setelapak tangan orang dewasa. Jadi telo teri adalah ketela yang dimakan dengan sambal teri...hmmm ... gimana ya rasanya??
Soal bisnis? Marciano mengatakan kalau di Suriname saat ini sedang berkembang industri kreatif, film,  musik dll. Produk Indonesia juga banyak diminati disana, mulai dari fashion, termasuk baju muslim, souvenir, kerajinan, tapi sayangnya barang-barang tersebut sedikit di sana. Itulah kenapa Marciano sempet ngirim barang-barang itu ke Suriname. Cuma ya itu tadi...mahal transportnya, udah gitu lama pula..lewat pos baru sampai tujuan sekitar 2 bulan. Kirim container sendiri pun butuh waktu sekitar sebulan. nah lho...Berniat bisnis dengan membidik pasar Suriname?? India dan China sudah duluan menjadikan Suriname sebagai "jalan tembus" menuju pasar Amerika dan Karibia.Di akhir wawancara, Marciano bilang bahwa banyak orang Suriname yang ingin ke Indonesia, hanya saja, berbagai informasi yang tak jelas tentang Indonesia membuat mereka ragu. Semoga dengan berbagai kerjasama yang terjalin, salah satunya pendidikan, bisa menjembatani hal tersebut. Apalagi kota Yogyakarta dan kota Commenwijne sudah menjadi Sister City.
Itulah sedikit isi dari wawancara saya dengan Marciano. Semoga bermanfaat ya...
Maturnuwun, Marciano...

Selasa, 19 Januari 2010

Selasa yang meraaah!!

Pagi...met taun baru ya...telat biaran! Masih Januari ini...hihi. Excuse deh. Kasih strawberry ah biar seger :P


Kemaren2 sibuk banget..ada project baru. Jadi akhir taun kemarin sampe taun baru ini ...emang cukup nyedot energiku.
Andai ada rumus untuk masing-masing hal...pas sibuk, ada rumusnya, pas capek ada rumusnya, pas duit abis...ada rumusnya dll...enak donk hidup :p
Hari ini...aq musti kerja lagi..setor energi lagi. SEMANGAT!!