Akhirnya Lebaran

Setelah sebulan puasa...akhirnya kita sampai di tanggal 1 Syawal 1430 Hijriah, hari Minggu yang lalu.
Sholat Ied, kemudian sungkeman ke ortu, dilanjutkan silaturahmi ke tetangga dan kerabat. Hmmm...Lebaran tidak hanya sebatas ini kan? Walaupun nuansanya seperti itu, tapi ada hal lain yang lebih esensi untuk kita cermati. Apalagi setelah Lebaran nanti? Bagaimana hidup setelah Idul Fitri? Setelah menjalani bulan puasa, hal-hal baik apa yang bisa dilanjutkan dibulan-bulan berikutnya, sepanjang hidup di bumi ini??Monggo, terserah anda bagaimana menjawabnya.
Tapi terlepas dari semua pertanyaan tadi, tetep menyenangkan rasanya ketemu saudara, kerabat jauh yang menyempatkan diri mudik untuk mengunjungi sanak saudaranya. Dengan kehidupan yang berubah, sudah beranak pinak, oleh-oleh dan cerita yang heboh :P Hangat!!
Ada yang mudik bawa mobil pribadi, motor...berbagai kisah di perjalanan, kemacetan, kepanasan. Ada yang mudik naik pesawat, bis, kereta, uyuk-uyukan(bahasa Indonesianya apa ya..berdesak-desakan mungkin), dan harus sabar disiram terik matahari...Membayangkan saja rasanya sudah pingin pingsan.
Pengorbanan luar biasa, fisik, materi, semuanya...untuk bisa pulang ke rumah. Bersilaturahmi, bermaaf-maafan... membasuh kerinduan pada kampung halaman, menghilangkan penyakit hati yang mungkin bersemayam tanpa disadari. Semua tersenyum, bersalaman, cipika-cipiki, berpelukan (teletubbies, kali..) Indahnya...Belum lagi jamuan yang enak-enak, minuman segar, kue-kue ber toples-toples, opor yang dimodif pakai jamur tiram(kayaknya opor kreasi baru nih!), rendang, ketupat, sop yang suegerr, gurame yang dimasak begitu rupa(nggak tau nama masakannya) hueeenaakkk polll!!Dan lain-lain. Begitulah serba-serbinya...
Lebaran tahun ini semoga membawa kita pada hati yang bersih. Dan setelah ini, melanjutkan hidup dengan lebih baik, membawa hal baik yang sudah dilatih selama bulan Ramadhan, menjadi sebuah kebiasaan baik sehari-hari. Taqabalallahu minna wa minkum, Minal aidzin wal faidzin, Mohon maaf lahir dan batin.Selamat Idul Fitri 1430 H.

Posting Komentar

0 Komentar